PB POSSI Dukung Pariwisata Bahari Di Tanah Air

Selebnews.id | Jakarta – Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI) menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Instruktur Selam Jejang B1 (One Star) POSSI – CMAS XXIX dan Oxygen Administrator II yang dilaksanakan pada 17 – 23 Mei 2022 dalam rangka mendukung pariwisata bahari di tanah air.

Untuk latihan sessi kolam dilaksanakan di Wisma Usman Harun Sport Center, Marinir Cilandak, Jakarta Selatan adapun di Pulau Pelangi, Kepulauan Seribu untuk latihan peraian terbuka.

Latihan ketrampilan kolam (LKK)
Latihan ketrampilan kolam (LKK)

Para peserta harus melalui beberapa tahap test diantaranya tahapan pratest, namun setelah dianggap lolos dari pratest, bisa melanjutkan ke-3 bagian lain, diantaranya Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP), Latihan ketrampilan kolam (LKK) dan Latihan Peraian Terbuka (LPT) selama 7 hari.

Peserta yang diikuti 9 orang ini, merupakan perwakilan dari beberapa wilayah yang berpotensi untuk Pengembangan Wisata Bahari.

 

Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP)
Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP)

“Semoga ilmu yang didapatnya bisa bermanfaat, latihan yang berkualitas ini kami buat agar nanti bisa menjadi pelatih di wilayahnya masing-masing dan bisa membantu mendukung pariwisata bahari di tanah air.”ujar Wakil Ketua Umum PB POSSI Brigjen Pol. Makhruzi Rahman di penutupan pelatihan. (Senin 23/05/22)

Wakil Ketua Umum PB POSSI, Brigjen Makhruzi Rahman
Waketum PB POSSI, Brigjen Makhruzi Rahman

Selanjutnya Makhruzi menyampaikan bahwa sumber daya masyarakat lokal harus ditingkatkan terutama yang menekuni usaha jasa wisata, agar dapat meningkatkan perekonomian.

Melalui pendidikan dan pelatihan instruktur selam jenjang B1 dan oxygen administrator II tersebut dapat menciptakan penyelam-penyelam baru yang diharapkan akan menjadi guide profesional, yang tidak hanya mensosialisasikan keelokan panoroma bawah laut kepada masayarakat, namun bisa untuk keterampilan penyelamatan diri, pencegahan dan manajemen kecelakaan.

“Dengan kegiatan pendidikan dan pelatihan instruktur selam ini, nantinya bisa mendampingi para penyelam baru dan wisatawan yang datang untuk melihat keindahan isi laut kita yang kita miliki,” tambah Wasekjen PB POSSI Sanny Limbunan.

Diharapkan dengan pendidikan ini bisa melahirkan kembali penyelam-penyelam baru yang berkualitas, agar bisa meningkatkan pelayanan dan memikat wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui di wisata bahari dibawah laut. (a2n)

 

 

sumber : https://www.selebnews.id/

Leave A Comment